fbpx

DMII – Kebakaran hutan menjadi bencana yang sering terjadi di Indonesia. Selain merugikan lingkungan dan perekonomin, korban manusiapun juga tak luput dari bencana ini.

Menjadi bencana yang terjadi sebanyak 639 sampai September 2019 ini tentunya mengindikasikan sulitnya bencana dikendalikan. Terlebih korban bisa jadi adalah petugas pemadam kebakaran.

Untuk itu, petugas yang menangani kebakaran hutan harus mengenakan Alat Pelindung Diri (APD)/ Safety Equipment.

APD merupakan kelengkapan yang wajib digunakan saat memadamkan kebakaran hutan. Kewajiban itu sudah disepakati oleh pemerintah melalui Departement Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Hal ini tertulis di Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010 tentang pelindung diri. Menngingat angka kecelakaan pekerja meningkat.

 

Hasil gambar untuk apd

Pada saat melakukan pemadaman kebakaran hutan, APD penting untuk melindungi diri dari bahaya yang dapat mengancam nyawa. APD memiliki jenis yang beragam dan digunakan sesuai dengan fungsinya. Namun biasanya APD yang digunakan untuk Rescue kebakaran hutan adalah:

  1. Masker Gas corong babi double filter

Masker ini brfungsi untuk melindungi organ pernafasan, agar udara yang masuk ke dalam tubuh adalah udara yang bersih.

  1. Baju overall/wearpack

Melindungi badan dari bahaya temperatur panas atau dingin yang esktrim serta ha-hal yang membahayakan lainnya.

  1. Sarung tangan

Sarung tangan mampu melindungi tangan, jari-jari tangan dan pergelangan tangan dari pajanan api, arus listrik, radiasi bahasn kimia, virus dan lainnya.

  1. Sepatu safety anti api

Sepatu ini tentunya melindugi kaki dari api, uap panas, suhu ekstrim, tergelincir, benda tajam dan hal-hal yang membahayakan lainnya.

  1. Helm

Helm adalah APD yang berfungsi untuk melindugi kepala petugas dari benturan, terantuk, kejatuhan atau terpukul benda tajam, keras melayang diudara, terpapar radiasi panas, api, percikan bahan kiiam dan suhu yang ekstrim.

  1. Kacamate google

Kacamata google mampu melindungi mata dari paparan bahan kimia, radiasi gelombang elektromagnetik, benturan atau pukulan tajam.

  1. Pita reflector

Pita reflektor penting digunakan meskipun hanya tali. Bisanya seragam dengan pita reflektor dapat meningkatkan visibilitasnya terutama di malam hari.

Nahh, bagi anda yang terjung langsung mengatasi bencana-bencana atau pekerja yang rawan terhadap  kecelakaan maka jangan lupakan APD yaa.

 

#everyoneisalifesaver

Menu
X
X

Send this to a friend