fbpx

TIPS MEMILIH TEMPAT AMAN DUDUK DALAM KERETA

  1. Home
  2. Safe Tips
  3. TIPS MEMILIH TEMPAT AMAN DUDUK DALAM KERETA

Kecelakaan dalam berkendara memang sering terjadi. Penelitian menunjukan bahwa dalam waktu satu jam terdapat 3 orang meninggal dunia akibat kecelakaan di indonesia.

Kecalakaan pada kereta api memang jarang terjadi. Bahkan tren kecelakaan ini cenderung turun disetiap tahunnya. Seiring dengan adanya perbaikan sistem, kemajuan teknologi dan aturan-aturan baru yang dibuat rupanya cukup efektif menurunkan tren kecelakaan pada kreta api.

Namun, apabila anda masih was-was mengenai kecelakaan saat hendak menaiki kereta maka beberapa hal dibawah ini bisa anda lakukan.

Pertama, pilihlah tempat duduk digerbong bagian tengah

Secara ilmiah posisi duduk paling aman dalam kereta dalah gerbong tengah. Jika tidak dapat gerbong ini anda bisa memilih kursi di gerbong belakang dari gerbong tengah.

Berdasarkan statistik ilmiah, kecelakaan biasanya terjadi dari arah depan atau arah belakang. Hal ini akan menyebabkan kereta keluar dari jalur, ringsek dan kerusakan lainnya. Dengan memilih duduk pada gerbong tengah kerusakan yang terjadi tidak akan terlau parah.

Duduklah menghadap belakang dari arah kereta

Hal ini disesuaikan dengan hukum fisika dasar. Apabila terjadi sesuatu dan harus dilakukan pengereman mendadak maka yang terjadi adalah tubuh and aakan terdorong ke depan. Namun jika and aduduk menghadap kebelakang maka yang terjadi adalah and aterdorong ke tempat duduka anda sendiri.

Pilihlah tempat duduk yang tepat untuk menghindari guncangan

Jika anda ingin menghindari guncangan saat menaiki kereta maka anda bisa memilih posisi duduk 11 atau 12 atau kursi ditengah dati setiap gerbong.

#everyoneisalifesaver

Menu
X
X
Send this to a friend