fbpx

TIPS BEROLAHRAGA FASE ADAPTASI KEBIASAAN BARU

  1. Beranda
  2. Pakar Bicara
  3. TIPS BEROLAHRAGA FASE ADAPTASI KEBIASAAN BARU

dmii.or.id – TIPS BEROLAHRAGA FASE ADAPTASI KEBIASAAN BARU | Fase adaptasi kebiasaan baru, aktivitas masyarakat kembali hidup di berbagai sudut kota. Bagi para pekerja yang telah menjalankan WFH (Work From Home) sejak Maret 2020, dan sekarang sudah saatnya kembali ke kantor, walaupun hanya 50% saja yang boleh masuk kantor.

TIPS BEROLAHRAGA FASE ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Phsycal distancing” dan “Work from home” cenderung membuat seseorang memiliki gaya hidup kurang gerak. Studi menunjukkan bahwa gaya hidup kurang gerak dapar menurunkan imunitas tubuh sehingga meningkatkan resiko terjadinya infeksi virus. PDSKO (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga) tetap merekomendasikan untuk tetap hidup aktif selama pandemi Covid-19.

Pada beberapa penelitian dikatakan bahwa, latihan fisik intensitas sedang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sedangkan latihan dengan intensitas tinggi justru akan menurunkan imunitas tubuh sehingga meningkatkan resiko infeksi. Panduan Latihan Fisik di Tempat Umum (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga) :

Apa saja manfaat berolahraga di masa pandemik covid-19 ini? Dan bagaimanakah olahraga yang aman tanpa terjadi penularan covid-19? dr. Anita Suryani, sp.K.O (Dokter Timnas Voli Indonesia – Asian Games 2018) memberikan #safetips berolahraga pada fase adaptasi kebiasaan baru melalui paparannya pada WEBINAR SADAR #25.

Saat ini sangat direkomendasikan untuk tetap latihan fisik di rumah saja. Latihan-latihan yang bisa dilakukan dirumah yaitu:

  • Latihan Aerobik : latihan aerobik dapat dilakukan baik didalam ataupun diluar ruangan dengan tetap mengutamakan “Physycal Distancing” dan “Free Touch Activity
  • Jalan cepat sekeliling rumah atau naik turun tangga di dalam rumah selama 10-15 menit, 2-3x/hari
  • Dancing, senam aerobik (via youtube), lompat tali
  • Latihan kekuatan otot, dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi di smartphone. Lakukan gerakan-gerakan seperti squat (jongkok-berdiri), lunges, push-up
  • Stretching Break yaitu hindari duduk sepanjang hari, lakukan peregangan setiap 2 jam sekali. Lakukan peregangan statis dengan menahannya selama 10-15 detik.

Namun jika tetap ingin olahraga diluar, maka inilah #safetips saat berolahraga diluar rumah!

  1. Pastikan tubuh anda sehat & fit kemudian pilihlah wilayah dengan Zona Hijau
  2. Tetap Jaga Jarak!
  • Pastikan jogging menjaga jarak 2 sampai 5 meter
  • Tidak disarankan untuk olahraga secara berkelompok.
  • Jika bersepeda, jaraknya 10 meter untuk sepeda biasa dan 20 meter untuk sepeda balap
  1. Tetap menggunakan masker!

Latihan fisik/olahraga yang direkomendasikan saat ini adalah intensitas ringan sampai sedang dengan tetap menggunakan masker. Semua ketidaknyamanan penggunaan masker hanya terjadi pada fase akut atau penggunaan awal masker. Jika familiarisasi atau penyesuaian tubuh sudah terjadi maka tidak lagi terjadi pengaruh negatif pada latihan.

  1. Memakai face shield

Face shield secara substansial dapat mengurangi paparan jangka pendek terhadap partikel aerosol infeksius yang besar, tetapi partikel yang lebih kecil berada di udara lebih lama dan dapat masuk/keluar dari celah face shield. Dengan demikian, pelindung wajah memberikan perlindungan pernapasan tambahan namun tidak dapat digunakan sebagai pengganti masker.

Nah, begitu kira-kira #safetips berolahraga pada fase adaptasi kebiasaan baru, semoga bermanfaat. (Aulia Maruapey)

Menu
X
X
Send this to a friend