fbpx

TINDAKAN AWAL SAAT PAKAIAN ATAU TUBUH TERBAKAR

  1. Beranda
  2. Safe Tips
  3. TINDAKAN AWAL SAAT PAKAIAN ATAU TUBUH TERBAKAR

DMII- hallo sobat DMII, kita mau berbagai tips seputar kebakaran nih. Tapi kali ini objeknya bukan bangunan atau hutan ya, melainkan manusia, Yappp diri kita sendiri.

Kebakaran yang terjadi di rumah, tempat kerja atau dihutan dapat membahayakan kita semuanya. Asap yang dihasilkan, udara yang terdampak bahkan tidak jarang pakaian yang kita kenakan ikut terbakar. Efeknya adalah tubuh kita terkena luka bakar.

Bagian tubuh terbakar bisa juga disebabkan karena tidak sengaja tersambar api kompor atau pembakaran lainnya yang membuat diri kita berada dalam bahaya besar.

Namun tahukah, sejatinya kita pasti panik apabila hal-hal tersebut terjadi. Panik menjadi reaksi paling wajar, namun setelah membaca artikel ini tentunya anda tidak boleh panik lagi bukan?

Simak yuk, ini yang harus and lakukan saat pakaian atau tubuh anda terbakar.

  1. Jika pakaian yang kita kenakan terbakar api, maka jangan pernah berlari seperti sedang dikejar sesuatu. Karena berlari tidak akan membuat api padam melainkan semakin besar kobarannya. Sehingga cobalah untuk BERHENTI dan BERBARING ya.
  2. Jangan berguling-guling saat sudah berbaring. Hal ini berpotensi membuat api menyebar keseluruh tubuh dan dapat mengakibatkan cedera. Maka bebaringlah dengan posisi api berada di atas.
  3. Posisi api yang berada di atas juga dapat memudahkan penolong memadamkan api.
  4. Lakukan pengobatan untuk luka bakar apabila api telah berhasil dipadamkan.

Jadi itulah beberapa hal yang harus dilakukan saat pakian atau tubuh terbakar yaa. Ingat satu hal, tetaplah tenang dalam kondisi apapun, dan jangan lupa setiap diri adalah penyelamat.

#everyoneisalifesaver

Menu
X
X
Send this to a friend