fbpx

“Social Distancing” berganti menjadi “Physical Distancing”

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. “Social Distancing” berganti menjadi “Physical Distancing”

dmii.or.id | Menanggapi penyebaran virus corona yang semakin meluas, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau kepada seluruh negara agar warganya melakukan social distancing. Namun rupanya frasa ini di tanggapi lain, alih-alih untuk menjaga jarak agar rantai penyebaran virus corona terhenti, justru hubungan sosial lah yang terancam terputus.

“Social Distancing” berganti menjadi “Physical Distancing”, apa bedanya?

Sehingga frasa itu kini telah diganti oleh WHO menjadi Physical Distancing sejak Jumat (20/03/2020). Pengubahan frasa ini bukan semerta-merta kita diperbolehkan untuk berkumpul-kumpul kembali ataupun berada di kerumunan. Frasa ini menekankan bahwa kita harus menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakit tidak menyebar.

Hal ini dapat dilakukan dengan tidak duduk bersamaan kecuali dengan jarak satu hingga dua meter. Juga melakukan kegiatan belajar mengajar & bekerja di rumah secara virtual, hingga berkomunikasi dengan keluarga atau teman arisan melalui panggilan video dan sebagainya.

Jika anda harus melakukan suatu aktivitas di luar rumah, usahakan jaga jarak fisik dengan orang lain dan selalu menggunakan masker. Selalu menerapkan pola hidup sehat, tidak berkumpul dengan keluarga tercinta dalam kondisi sepulang dari luar tanpa membersihkan diri terlebih dahulu.

Menurut Wahyu Novyan selaku Executive Director Disaster Management Institute of Indonesia “Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari diri dari virus Corona adalah tetap menjaga jarak fisik dengan orang lain serta tidak berada di kerumunan atau tempat ramai” ujarnya.

Untuk itu, pengubahan frasa ini lebih menekankan kepada kita untuk menjaga jarak fisik bukan memutus hubungan sosial dengan keluarga maupun orang terdekat.

Menu
X
X

Send this to a friend