fbpx

SIAGA BANJIR, DMII SIAPKAN KOMUNITAS SIAGA BENCANA

  1. Beranda
  2. Berita
  3. SIAGA BANJIR, DMII SIAPKAN KOMUNITAS SIAGA BENCANA

dmii.or.id – SIAGA BANJIR, DMII SIAPKAN KOMUNITAS SIAGA BENCANA | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksikan musim hujan periode 2020-2021 ini akan dimulai pada akhir bulan Oktober 2020.

SIAGA BANJIR, DMII SIAPKAN KOMUNITAS SIAGA BENCANA

Memasuki bulan November, sejumlah wilayah di DKI Jakarta sudah mulai tergenang banjir. Untuk membantu masyarakat menghadapi bencana banjir, DMII-ACT bersama PT. Paragon Technology and Innovation menggelar Simulasi Kelompok Siaga Bencana. Simulasi dilakukan untuk dua kelurahan di Jakarta Selatan, yaitu Kelurahan Petukangan Utara dan Kebayoran Lama Utara.

Simulasi yang rencananya akan digelar pada 26 September 2020 terpaksa tertunda akibat angka pasien covid-19 melonjak. Akibatnya Pemerintah DKI Jakarta mengambil keputusan untuk tarik rem darurat, Jakarta PSBB total. Tidak mematahkan semangat para peserta dari dua kelompok siaga bencana ini, mereka tetap setia menunggu praktek Simulasi Kelompok Siaga Bencana (KSB).

Kegiatan simulasi tersebut dilaksanakan di Danau Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Adapun simulasi penyelamatan korban di dalam air (water rescue), penanganan bencana kebakaran, pertolongan pertama pada kecelakaan dan keposkoan.

Setelah simulasi usai, dua kelompok tersebut dikukuhkan menjadi kelompok siaga bencana di tiap kelurahannya. Selain itu juga dilakukan serah terima peralatan siaga bencana, seperti perahu karet, dayung, pelampung, APAR yang didukung oleh PT. Paragon Technology and Innovation dan secara seremoni diserahkan oleh  Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Bapak Winur Seto,S.E. kepada kedua tim Kelompok Siaga Bencana.

Salah satu peserta simulasi, Amri, mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan simulasi siaga bencana dari DMII-ACT “Kegiatannya seru banget, bermanfaat juga buat warga kami, jadi tau apa yang harus dilakukan kalo banjir nanti, jadi paham juga teknik-teknik mendayung, susah juga yak muter-muter doang. Tapi alhamdulilah udah diajarin yang benarnya gimana. Terima kasih ya ACT, senanglah ada kegiatan seperti ini di daerah kami.” ucap Amri.

Program Kelompok Siaga Bencana ini diharapkan bisa dilaksanakan ditiap kelurahan dan desa-desa di seluruh Indonesia, agar masyarakat memahami teknik penyelamatan diri dalam hal bencana apapun. everyone’s a life saver. (Ripang)

Menu
X
X
Send this to a friend