fbpx

PUASA DAPAT MENGHILANGKAN RACUN DI DALAM TUBUH, BENER GA SIH?

  1. Beranda
  2. Uncategorized
  3. PUASA DAPAT MENGHILANGKAN RACUN DI DALAM TUBUH, BENER GA SIH?

Puasa memiliki berbagai manfaat bagi yang menjalankannya. Selain untuk beribadah, ternyata puasa memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, banyak informasi yang menyebutkan bahwa puasa dapat menghilangkan seluruh racun dalam tubuh. Mitos atau fakta ya??

Begini penjelasannya!

 

Setiap hari kita mengkonsumsi makanan yang mengandung beragam zat yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Racun tersebut akan tersimpan dalam lemak. Pada saat berpuasa, tubuh akan menghentikan konsumsi zat-zat yang berpotensi mengandung racun tersebut selama waktu tertentu, sehingga tubuh dan organ-organ lainnya bekerja lebih ringan. Proses pembakaran lemak terjadi lebih banyak dari biasanya. Hal tersebut dapat membantu membuang racun-racun dalam tubuh.

 

Namun demikian, semua itu akan berjalan lancar jika kamu melakukan puasa secara sehat. Puasa tidak membantu tubuh mengeluarkan racun-racun, jika kamu tetap mengkonsumsi makanan yang tidak sehat walaupun berpuasa, tetap akan menyebabkan stress oksidatif, dimana jumlah RADIKAL BEBAS di tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Sehingga dapat menimbulkan kerusakan sel atau organ tubuh. Wahh.. bahaya banget yaaa!

 

Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih jika ingin memanfaatkan puasa untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.  Dengan pilihan makanan yang tepat saat sahur dan buka puasa, sel-sel tubuh tak akan kekurangan energi selama berpuasa. Metabolisme tubuh pun tak akan terganggu. Kita perlu menjaga asupan nutrisi seimbang dalam tubuh setiap harinya. Asupan nutrisi seimbang ini meliputi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, sayur, buah, dan air.

 

Jadi, selama puasa ini, pastikan kamu membatasi konsumsi makanan yang tidak sehat, dan menjaga asupan antioksidan yaa. Karena sebenarnya manfaat puasa ini lebih besar dibanding efek negatifnya, jika kita lakukan dengan benar. Untuk itu, kita disarankan untuk menjalani puasa secara sehat agar memperoleh manfaat yang maksimal bagi tubuh.

Mari kita jalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala dan juga untuk memperbaiki kesehatan tubuh yuk, sobat DMII!

Menu
X
X
Send this to a friend