fbpx

DMII HACK – Cedera paling sering dialami pada saat kita melakukan kegiatan Outdoor seperti olahraga, Hiking atau sedang berjalan santai.
Cedera hingga memar perlu diwaspadai dan memerlukan penanganan yang tepat. biasanya hal yang terlintas dalam benak adalah melakukan urut atau pijat agar cedera lekas membaik. Namun sayangnya hal ini keliru loh!

Hasil gambar untuk cedera memar"

Cedera memar merupakan kecelakaan degan waktu pemulihan umumnya 1-2 minggu setelah kejadian. Apabila tidak dilakukan hal yang tepat cedera akan semakin parah dan memperlambat waktu pemulihan.

Lalu apa yang harus dilakukan? Pengobatan cedera cukup dengan melakukan metode “RICE
1. Rest, prinsip ini meminta anda untuk berhenti dari aktivitas yang tengah dilakukan sesegera mungkin.
2. Ice, segera letakan es batu pada bagian tubuh yang mengalami cedera. Lakukan selama kurang lebih 20 menit, dengan intensitas 4 – 8 kali sehari.
3. Compressing, balutlah bagian tubuh yang cedera dengan seedikit ditekan agar tidak terjadi pembengkakan.
4. Elevation, tinggikan posisi bagian tubuh yang cedera agar aliran darah kembali lancar.

Jika anda dapat menanganinya dengan benar,  anda akan merasa nyaman beraktivitas kembali dalam 6-8 minggu. Namun dalam beberapa kasus ada kemungkinan keluhan lanjutan seperti nyeri dan pembengkakan.
Agar hal tersebut tidak terjadi maka hindarilah empat (4) hal dibawah ini,
1. Panas, hidari kegiatan seperti berendam air panas, sauna, koyo atau obat oles yang menimbulkan sensasi panas.
2. Alkohol, jika anda mengkonsumsi alkohol saat mengalami cidera memar, hal tersebut dapat meningkatkan pendarahan dan pembengkakan, selain itu alkohol akan memperlambat proses pemulihan cedera anda.
3. Hindari aktivitas yang memperparah cedera.
4. Pijat, pijak saat cedera hanya akan meningkatkan risiko pendarahan dan pembengkakan.

(end)

Menu
X
X

Send this to a friend