fbpx

PENANGANAN TERHADAP PENDERITA SYOK

  1. Beranda
  2. Safe Tips
  3. PENANGANAN TERHADAP PENDERITA SYOK

DMII – Siapa saja dapat mengalami syok, baik karena kegagalan sirkulasi darah atau karena kehilangan cairan dalam tubuh secara berlebihan. Penderita syok memiliki ciri khusus dan penyebab yang beragam. Baca juga syok dan gejalanya

Syok memiliki tiga tahapan yaitu tahap Kompensasi, Dekompensasi dan tahap Ireversibel. Ketiga tahap ini menunjukan gejala tersendiri dan menunjukan kondisi penderita. Pada tahap awal Kompensasi penderita biasanya terlihat normal karena tubuh masih mampu menjaga fungsi normalnya, hanya saja kulit penderita biasanya sudah berwarna coklat.

Tahap kedua tubuh mulai kehilangan kemampuan dalam menjaga fungsinya. Tahap yang disebut dekompensasi ini menunjukan gejala seperti kulit pucat dan dingin apabila diraba, denyut nadi meningkat dan merasa sangat haus, tekanan darah menurun diikuti dnegan tingkat kesadaran penderita.

Dalam kasus ini apabila penanganan pada penderita tidak tepat dan cepat dapat mengakibatkan darah mengalir sangat lambat, sehingga denyut jantung dan tekanan darah akan menurun drastis. Biasanya tubuh akan mengutamakan aliran darah pada bagian otak dan jantung sehingga organ lain seperti hati dan ginjal mengalami kekurangan darah. Jika dibairkan maka kerusakan permanen dapat terjadi mesipun sudah diobati dengan baik. Kondisi ini berada di syok tahap ketiga yaitu ireversibel.

 

Berikut ini beberapa penanganan terhadap penderita syok, jika anda menilai situasi cukup parah segeralah hubungi bantuan. Setelah itu lakukanlah penanganan di bawah ini:

Pastikan penderita berada di tempat aman dan telentangkan penderita penderita syok.

Bawlah korban syok pindah ke tempat yang aman dan mulailah dengan meninggikan kaki penderita 20-25 cm dari posisi jantung.

Jaga Jalan Nafas Penderita

Selanjutnya pastikan saluran nafas, pernafasan dan sirkulasi terjaga. Apabila tidak maka cobalah lakukan bantuan pernafasan.

Kendalikan Pendarahan yang Terjadi

Apabila penderita syok akibat kehilangan banyak darah, maka cobalah untuk menghentikan pendarahan dengan cara membalut, menekan dan meninggikan luka.

Jaga Suhu Tubuh

Hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menjaga suhu tubuh penderita agar tetap hangat.

Memeriksa Denyut Nadi Secara Berkala

Apabila step-step di atas sudah anda lakukan maka periksalah denyut nadinya secara berkala setiap lima menit sekali sembari menunggu bantuan medis datang.

Berikut adalah penanganan terhadap penderita syok, baca terus artikel lainnya yaa,,

#everyoneisalifesaver

Menu
X
X

Send this to a friend