fbpx

Menjaga Semangat Belajar Saat Puasa

  1. Beranda
  2. Safe Tips
  3. Menjaga Semangat Belajar Saat Puasa

dmii.or.id Menjaga semangat belajar saat berpuasa | Belajar adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh pelajar. Meskipun kita sedang berpuasa, kita tidak boleh melupakan kewajiban kita untuk belajar. Faktanya, banyak yang mengeluhkan saat perut kosong justru belajar menjadi tidak fokus. Banyak juga yang merasa puasa membuat lemas sehingga malas dan menjadi tidak semangat untuk belajar. Padahal, belajar itu wajib dilakukan, apalagi belajar juga merupakan bagian dari ibadah.

MENJAGA SEMANGAT BELAJAR SAAT PUASA

Supaya kita bersemangat dalam belajar, kita harus tau nih tips belajar saat puasa yang akan membuat aktivitas belajar menjadi lebih menyenangkan. Yuk simak tips-tips dibawah ini.

  1. Konsumsi makanan bergizi saat sahur

Konsumsi makanan sahur sangat menentukan keberlangsungan puasa kita pada hari tersebut. Kita harus memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi saat sahur. Dengan terpenuhinya asupan gizi seimbang, maka energi dalam tubuh akan tetap terjaga. Sehingga belajar pun menjadi lebih semangat.

  1. Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh

Saat puasa, tubuh akan terbatas untuk memenuhi kebutuhan air. Jika kebutuhannya tidak tercukupi, tubuh akan mengalami dehidrasi dan membuat tubuh akan menjadi lemas. Minum air putih yang cukup penting dilakukan untuk menjaga sistem metabolisme tubuh sehingga konsentrasi belajar akan tetap terjaga.

  1. Tidak tidur setelah sahur

Sahur merupakan tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Terkadang, kita susah bangun ketika sahur karena merasa waktu tidur kita belum tercukupi. Sehingga banyak yang memilih untuk membayar waktu tidurnya setelah sahur. Padahal, tidur justru membuat produktivitas menjadi terganggu. Kita bisa memanfaatkan waktu setelah sahur untuk belajar karena pikiran dan tenaga masih terjaga.

  1. Mengatur jam belajar

Mengatur jam belajar sangat penting dilakukan agar proses belajar menjadi lebih efektif. Dengan mengatur waktu belajar juga akan menjaga fokus dan menghindari rasa bosan. Ketahuilah durasi belajar efektifmu sendiri, jangan sampai melewati batas waktu fokusmu karena akan membuat belajar menjadi sia-sia. Jangan lupa untuk meluangkan waktu beristirahat sebentar agar membuat lebih semangat menjalaninya.

  1. Tetap menjaga stamina tubuh

Stamina tubuh merupakan bekal seseorang untuk menjalani puasa dengan baik. Stamina harus selalu dijaga dengan melakukan olahraga ringan dan mengkonsumsi makanan bergizi. Menjaga stamina sangat penting agar tubuh tetap selalu sehat dan aktivitas belajar selama bulan puasa tetap berjalan lancar.

Nahh, itu dia tips-tips yang bisa diikuti buat yang merasa malas belajar saat puasa. Semoga setelah ini kita bisa selalu semangat yaaa! #everyoneisalifesaver

Menu
X
X

Send this to a friend