fbpx

MAKANAN DARURAT YANG MEMBANTU BERTAHAN HIDUP

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. MAKANAN DARURAT YANG MEMBANTU BERTAHAN HIDUP

Keadaan darurat terjadi tanpa diduga. Bencana dan kondisi lain yang memaksa kita untuk bertahan hidup di pengungsian atau bahkan alam terbuka mungkin saja terjadi. Apalagi Indonesia adalah negara yang sangat rawan dengan berbagai bencana.

Karena intensitas bencana sangat sering terjadi. Tas Siaga Bencanapun di gadang-gadangkan agar dimiliki oleh setiap kepala keluarga.

Tas siaga bencana adalah tas yang berisi barang, peralatan dan dokumen penting yang harus dibawa saat bencana datang. Di dalam tas ini juga tentunya perlu diisi dengan obat-obatan serta makanan.

Karena bencana tidak dapat diprediksi, tentunya cukup sulit menentukan jenis makanan apa yang tahan disimpan dalam jangka waktu lama. Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan untuk bertahan hidup.

Dilansir dari Amber Books paket makanan kering moderen lebih ideal digunakan untuk bertahan hidup. Dibandingkan dengan makanan kaleng yang beresiko karatan, makanan instan juga tidak dianjurkan untuk digunakan dengan tujuan bertahan hidup.

Makanan kering disinyalir memiliki kadar karbohidrat, kalori, protein dan vitamin yang direkomendasikan. Karena pada umumnya makanan yang dikeringkan adalah sejenis buah, sayur maupun kacang-kacangan.

Dalam mengkonsumsi makanan kering, dibutuhkan tambahan air panas. sehingga anda dianjurkan untuk membawa perlengkapan yang dapat menghantarkan panas.

Berikut ini makanan kering yang direkomendasikan untuk mengisi Tas Siaga Bencana anda;

  1. Permen

permen adalah salah satu makanan yang tahan lama. Terbuat dari campuran sukrosa, glukosa dan air. Senyawa ini disinyalir dapat meningkatkan gula darah agar kinerja otak berfungsi secara normal.

  1. Trail Mix

Trail mix atau scroggin adalah jenis campuran makanan ringan, khususnya kombinasi granola, buah kering, kacang-kacangan, dan terkadang terdapat campuran cokelat. Campuran Trail dianggap sebagai makanan ringan yang ideal untuk hiking, karena ringan, mudah disimpan, dan bergizi, memberikan dorongan energi cepat dari karbohidrat dalam buah kering atau granola, dan energi berkelanjutan dari lemak dalam kacang.

  1. Mueseli atau Granola

Mueseli atau Granola memiliki kandungan kacang, gandum, madu hingga buah-buahan kering. Granola cereal juga kaya akan serat pangan yang mengenyangkan dengan kalori yang relatif rendah.

  1. Dried Fruit

Dried Fruit adalah buah dimana sebagian besar kandungan air asli telah dihapus baik secara alami, melalui pengeringan matahari, atau melalui penggunaan pengering khusus atau dehidrator. Sehingga buah kering memiliki umur simpan yang panjang dan nutrisi yang dapat digunakan untuk memnuhi asupan tubuh anda.

 

  1. Oats

Oats dapat menjadi alternatif untuk bertahan hidup bagi anda. Beberapa hal yang pelu diperhatikan adalah memilih jenis oats yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan keadaan yang akan anda hadapi.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang bisanya dikeringkan agar umur simpannya jauh lebih lama. Namun rupanya kacang memiliki kandungan mineral, vitamin, kalori dan protein yang cukup untuk memnuhi kebutuhan anda. selain itu kacang-kacangan dapat digunakan sebagai alternatif pengganti daging loh. Beberapa jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan untuk situasi darurat adalah kacang merah dan kacang Lentil. Kedua kacang ini cenderung lebih mudah untuk diolah cukup untuk pasokan energy anda.

  1. Chocholate Bar

Cokelat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Coklat juga sangat bagus untuk penambah tenaga ketika kita sedang melakukan kegiatan di alam bebas.

  1. Gula Aren

Bagi anda yang alergi terhadap coklat atau mencari alternatif lain untuk penmabah energi selain ciklat, maka piliihlah gula aren. Gula aren yang dikonsumsi dengan melarutkannya pada air minum dapat menambah energi bagi anda loh.

 

Menu
X
X

Send this to a friend