fbpx

LANGKAH AWAL MITIGASI – DMII X PARAGON ADAKAN KSB BERSAMA WARGA KELURAHAN PETUKANGAN UTARA

  1. Beranda
  2. Uncategorized
  3. LANGKAH AWAL MITIGASI – DMII X PARAGON ADAKAN KSB BERSAMA WARGA KELURAHAN PETUKANGAN UTARA

dmii.or.id – LANGKAH AWAL MITIGASI – DMII X PARAGON ADAKAN KSB BERSAMA WARGA KELURAHAN PETUKANGAN UTARA | Program Kelompok Siaga Bencana yang diinisiasi oleh DMII-ACT dan PT. Paragon Technology and Innovation kembali dilaksanakan di kelurahan lainnya, kali ini Kelurahan Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pelatihan yang melibatkan 25 peserta ini diselenggarakan pada tanggal 5 – 6 september 2020 di Kantor Kelurahan Petukangan Utara. Hal yang membuat menarik dari pelatihan ini adalah para peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari anggota PPSU hingga Ibu-ibu PKK. Usia para peserta juga sangat beragam, namun hal tersebut tidak menghambat mereka, mengingat mereka tinggal di daerah rawan banjir.

Banjir bukanlah bencana baru bagi DKI Jakarta khususnya Jakarta selatan. Pak Slamet salah seorang peserta KSB (Kelompok Siaga Bencana) menuturkan kenangan Banjir tahun 2007 di Kelurahan Petukangan Utara masih tergambar jelas di matanya, mengingat itu merupakan banjir terbesar menurutnya.

“Pada tahun 2007 itu saya belum tau apa dan bagaimana menghadapi bencana banjir, apalagi menyelamatkan korban. Tapi sekarang berkat pelatihan dan materi yang diberikan saya menjadi faham dan sedikit – sedikit mulai mengerti langkah-langkahnya. Saya berharap semoga pelatihan  seperti ini terus dilaksanakan, Terima kasih DMII.” Tuturnya

Beberapa materi memang telah disampaikan oleh narasumber DMII, yang bertujuan untuk membuat masyarakat siap siaga apabila sewaktu-waktu bencana terjadi. Materi tersebut antara lain  mengenai Total Disaster Management, Pre-hospital a life saver, pemadaman api awal dan keposkoan. Selain itu materi penting lainnya adalah pencegahan & penanganan Covid-19 serta Water Rescue Basic.

Rani, salah satu peserta mengaku tidak berani memadamkan api jika terjadi kebocoran tabung gas elpiji “Saya tidak bisa memadamkan api kebocoran gas, hal itu membuat saya takut memasang regulator pada gas. Tapi setelah pelatihan ini, saya sudah tidak takut lagi. Saya sangat bersyukur mengikuti pelatihan ini.” Ungkapnya

Pelatihan berlangsung dengan tetap melaksanakan  protokol kesehatan. Sebelumnya pelatihan  juga sudah dilaksanakan di kelurahan lainnya, seperti di kelurahan Cipulir dan Ulujami Jakarta Selatan.

Pembentukan KSB memang bertujuan sebagai langkah awal mitigasi bagi masyarakat daerah rawan banjir, hal ini serupa dengan pernyataan Ujang D. Lasmana selaku pelatih” Ini sangat penting dan bagian dari langkah awal kami membentuk masyarakat yang siaga dengan bencana.”

DMII terus berkomitmen untuk terus mendayuh dayung-dayung kecil agar kapal siaga dapat sampai ditengah bencana, dan agar terciptanya ketangguhan masyarakat. Everyone’s a life saver. (Ida)

Menu
X
X
Send this to a friend