fbpx

LANGGANAN BANJIR, DMII-ACT & PARAGON BENTUK KELOMPOK SIAGA BENCANA DI KEBAYORAN LAMA UTARA

  1. Beranda
  2. Berita
  3. LANGGANAN BANJIR, DMII-ACT & PARAGON BENTUK KELOMPOK SIAGA BENCANA DI KEBAYORAN LAMA UTARA

dmii.or.id – LANGGANAN BANJIR, DMII-ACT & PARAGON BENTUK KELOMPOK SIAGA BENCANA DI KEBAYORAN LAMA UTARA | Kebayoran Lama Utara adalah salah satu Kelurahan langganan banjir setiap tahun. Letaknya yang sejajar dengan kali Grogol membuat wilayah ini selalu terendam air. Selain itu daerah ini merupakan daerah padat penduduk.

LANGGANAN BANJIR, DMII-ACT & PARAGON BENTUK KELOMPOK SIAGA BENCANA DI KEBAYORAN LAMA UTARA

“Jika wilayah padat penduduk terbakar, maka api akan menjalar dengan cepat dan sulit dipadamkan.” Ujar Muharram Alhakim, Instruktur DMII-ACT.

Muharram Alhakim juga menambahkan penting bagi warga yang tinggal di daerah ini faham cara memadaman api mandiri saat masih bisa dikendalikan. Selain itu akibat banjir wilayah dengan padat penduduk akan lebih sulit di evakuasi, sehingga masyarakat harus mengetahui melakukan langkah mitigasinya.

Untuk itu, sebanyak 25 peserta dilatih dan dibentuk menjadi sebuah Kelompok yang siap siaga terhadap bencana di daerah tersebut. Para peserta berasal dari wilayah sekitar yang terdiri dari perwakilan PPSU, PKK KLU, KARANG TARUNA, LMK, SATGAS serta perwakilan RT RW setempat.

Jasmine (24) adalah peserta perwakilan dari Karang Taruna yang tidak mengenal APAR dan belum mengetahui cara pemasangan regulator. “Saya tidak tahu cara memasang regulator dengan benar, apalagi jika ada api keluar dari tabung seperti itu, saya pasti panik.” Namun dengan berani dia mengatakan bahwa dirinya kini sudah tahu dan siap melakukan tindakan pemadaman karena pelatihan ini. “Saya berlatih memadamkan api pada tabung gas dengan memutus aliran bahan bakar, saya juga sekarang mengerti penggunaan APAR, terima kasih banyak DMII.”

Pelatihan ini diadakan oleh DMII – ACT yang berkolaborasi dengan PT Paragon Technology and Innovation. Bertujuan untuk membentuk masyarakat tangguh dan siaga terhadap bencana. Hal ini penting karena tingkat pengetahun kebencanaan berbanding lurus dengan tingkat keselamatan.

LANGGANAN BANJIR, DMII-ACT & PARAGON BENTUK KELOMPOK SIAGA BENCANA DI KEBAYORAN LAMA UTARA

Paltihan diadakan pada 12 – 13 September 2020 di Kantor Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan secara teratur, peserta juga dibagikan face shield, hand sanitizer untuk mendukung penerapan protokol kesehatan.

KSB adalah sekelompok masyarakat yang dibentuk dan dilatih agar memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam menangani kondisi darurat dan kondisi yang membutuhkan pertolongan pertama.

Dalam pelatihan ini peserta dibekali berbagai materi dan simulasi yang akan dilaksankan pada waktu yang akan datang. Materi tersebut adalah materi yang menunjang dan disesuaikan dengan jenis bencana yang kerap terjadi di daerah tersebut. Diantaranya adalah basic fire fighting, water rescue basic, earthquake dan Pre-Hospital Life saver. Materi lain seperti keposkoan, Total Disaster Management dan sosialisasi penanganan covid-19 juga diberikan.

DMII – ACT terus berkomtimen membentuk masyarakat yang mandiri tanggung dan siap siaga terhadap bencana. Mengingat indonesia adalah negara yang 70% wilayhanya dalah perairan, perkotaan yang padat penduduk dan rentan dengan beragai bencana. (Ida)

Menu
X
X
Send this to a friend