fbpx

dmii.or.id – JELAJAH KOTA LUWU UTARA | Sobat DMII, baru-baru ini Indonesia mengalami kesedihan karena terjadi bencana alam di salah satu wilayah di Indonesia, yaitu di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bencana yang telah terjadi, kenalan dulu yuk sama wilayah di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

JELAJAH KOTA LUWU UTARA

Kabupaten Luwu Utara adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Masamba. Kabupaten Luwu Utara yang dibentuk berdasarkan UU No. 19 tahun 1999 merupakan pecahan dari Kabupaten Luwu. Luasnya sekitar 7.502,58 km2 dan secara geografis terletak pada kordinat antara 2o37’30’’ lintang selatan dan 119o41’15’’ sampai 12o43’11’’ bujur timur. Bupati Luwu Utara adalah Indah Putri Indriani. Total populasi di kabupaten Luwu Utara adalah sekitar 312.883 jiwa. Jumlah kecamatan di Kabupaten Luwu Utara sekitar 11 kecamatan, jumlah kelurahan sekitar 7 kelurahan, jumlah desa sekitar 167 desa.

Iklim Luwu Utara termasuk iklim tropis, suhu udara minimum 25,3o Celcius dan suhu maksimum 27,9o Celcius dengan kelembaban udara rata-rata 82%.

Berikut adalah perbatasan administratif Kabupaten Luwu Utara :

  • Utara : Sulawesi Tengah
  • Timur : Kabupaten Luwu Timur
  • Selatan : Teluk Bone (berupa dataran rendah dan pantai)
  • Barat : Kabupaten Tana Toraja dan Sulawesi Barat

Ternyata, suku bangsa Luwu Utara ini terdiri dari suku Rongkong, Toraja, Makassar, dan Bugis. Agama masyarakat di Luwu Utara adalah mayoritas Islam, dan diikuti oleh Agama Kristen (Protestan dan Katolik), dan juga Hindu. Bahasa resmi di kabupaten Luwu Utara adalah Bahasa Indonesia. Dengan beberapa bahasa adat lainnya yaitu bahasa Lemolang, bahasa Rampi, bahasa Seko, dan bahasa Toraja.

Ketika musim liburan didepan mata, maka akan mendapat sambutan dari semua orang. Karena liburan adalah waktu yang tepat untuk menjelajah banyak tempat yang belum disinggahi. Perjalanan liburan juga untuk melepas penat dari segala aktivitas maupun untuk menambah pengalaman. Di Luwu Utara sendiri mempunyai beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi, yaitu :

  1. Wisata Batu Kembar berlokasi di Potoloan, Kecamatan Bone-bone, Kabupaten Luwu Utara. Wisata yang disajikan berupa pemandangan Air Terjun yang menakjubkan. Bermain air sambil menikmati panoramanya tentu akan mebuat liburan kamu semakin berkesan.

    Wisata Batu Kembar

  1. Bendungan Bantimurung berlokasi di Bantimurung, Kecamatan Bone-bone, Kabupaten Luwu Utara. Bendungan ini oleh warga sekitar memang dimanfaatkan untuk mengairi sawah, namun lama kelamaan ramai dikunjungi dan menjadi tempat wisata.

Bendungan Bantimurung

 

  1. Air Terjun Bantimurung berlokasi di Kecamatan Bone-bone, Kabupaten Luwu Utara. Setelah mengunjungi bendungan, tidak ada salahnya kamu menyambungnya dengan mengunjungi air terjunnya. Sekali jalan sudah ada dua keindahan yang bisa kamu nikmati di Desa Bantimurung ini.

 

  1. Taman Lestari Sulikan berlokasi di Bone, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Saat kamu di kota Masamba, tidak ada salahnya untuk singgah ke Taman Lestari Sulikan yang berada di pusat Kota Masamba. Sejak di bangun, Taman ini memang mampu menarik perharian wisatawan ketika datang ke Sulawesi Selatan.

  2. Wisata Air Panas Pincara berlokasi di Pincara, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Objek wisata satu ini sangat pas untuk bersantai ria bersama keluarga.

Baca selanjutnya JELAJAH KOTA LUWU UTARA BAG.2

Menu
X
X
Send this to a friend