fbpx

JANGAN SEMBARANGAN MENYALIP, BLIND SPOT BERESIKO UNTUK KESELAMATAN ANDA

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. JANGAN SEMBARANGAN MENYALIP, BLIND SPOT BERESIKO UNTUK KESELAMATAN ANDA

Bagi anda para pengendara, pasti sudah mengetahui mengenai Blind Spot. Blind Spot ada pada setiap kendaaran, yang terjadi apabila pengendara kehilangan pandangan di titik tertentu dari sekitar karena beberapa faktor.

Blind spot adalah istilah untuk menyebutkan area visibilitas atau bidang pandang yang tidak dapat dijaungkau oleh pengendara atau no-zone. Terjadinya disebabkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal, mulai dari dimensi kendaraan, kondisi lalu lintas, cuaca hingga desain kendaraan seperti pada bus, truk dan mobil boks.

Mobil-mobil diatas memiliki badan berukuran  besar, Blind Spot pada kendaraan ini sering disebut dengan Blind Spot eksternal. Ukuran kendaraan tersebut membuat pengendara sullit memantau kondisi lalu lintas sekitarnya, sehingga anda perlu berhati-hati ketika berada di dekat kendaraan ini.

Area Blind Spot untuk kendaraan besar tersebut adalah jarak terdekat anda. semakin dekat anda dengan kendaraan tersebut maka semakin besar no-zone anda .

Selain itu faktor lingkungan juga dapat menjadi sebab anda berada di area no-zone. Seperti tikungan, persimpangan, area berbukit, dan area padat bangunan serta area parkir di bahu jalan juga beresiko membuat anda bearda di wilayah no-zone dari kendaraan besar.

Untuk menghindari resiko akibat Blind Spot, maka posisikan kendaraan anda terlihat, selanjutnya kurangi kecepatan kendaraan anda, jangan tergesa-gesa untuk menyalip dan pastikan pandangan anda tidak terhalang, terakhir komunikasikan keberadaan anda dengan membunyikan klakson pendek atau lampu dim.

#Everyoneisalifesaver

Menu
X
X

Send this to a friend