fbpx

HOAKS ATAU FAKTA? CEDERA HINGGA MEMAR BOLEH DI URUT

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. HOAKS ATAU FAKTA? CEDERA HINGGA MEMAR BOLEH DI URUT

DMII – Tidak menutup kemungkinan, setiap diri kita pasti mengalami hal-hal yang tidak terduga dan tidak diinginkan. Seperti jatuh tersandung, terpeleset, terkilir atau terbentur benda keras yang menyebabkan bagian tubuh kita cedera hingga memar.

Hasil gambar untuk cedera memar"

Memar terjadi karena adanya rembesan darah dari pembuluh darah ke jaringan. Pada saat hal ini terjadi, masyarakat kita biasanya melakukan urut atau pijat. masyarakat percaya alternatif urut atau pijat dapat menyembuhkan cedera memar.

Hmmm… Hoax atau fakta ya?

Pada saat mengalami cedera sampai memar, dalam pembuluh darah terjadi pendarahan. Namun sejatinya tubuh kita sudah dirancang untuk mampu menghentikan pendaharan secara alami. Tahukah anda bahwa memar rupanya memiliki warna secara bertahap antara lain:

  1. Berwarna merah terang menunjukan cedera baru saja terjadi.
  2. Merah gelap kehitaman, ini terjadi karena oksigen dari darah mulai hilang.
  3. Memar kuning kehijauan menandakan memar sudah berlangsung lama dan dalam proses penyembuhan.

Menurut dr Peni Kusumastuti, SpRM saat bagian tubuh mengalami cidera hingga memar sejatinya sudah terjadi pendarahan di dalam jaringan. Teknik pijat atau urut yang dimaksudkan untuk menyembuhkan cidera justru akan berdampak sebaliknya. karena dengan pijat atau urut pendarahan akan terjadi kembali. selain itu pijat atau urut juga menambah pembengkakan pada otot ligamen.

Sejatinya, teknik pijat atau urut memiliki manfaat baik bagi tubuh, yaitu melemaskan otot-otot tubuh yang kaku akibat aktifitas berlebihan. Namun jangan dilakukan saat anda cedera ya.

Lalu apa yang harus dilakukan saat terjadi cedera hingga memar?

Berhentilah dari aktifitas yang anda lakukan dan segera siapkan es batu. Mulailah dengan meletakan es batu di atas luka. Setelah itu kompres bagian yang memar agar proses pendinginan terjadi. Pastikan saat anda berbaring angkat bagian yang cedera agar posisinya lebih tinggi.

Nahh, setelah ulasan di atas pijat atau urut yang konon dapat menyembuhkan atau megatasi cedera memar adalah Hoax ya sobat DMII.

Sobat DMII, mulai hari ini jika anda mengalami kejadian serupa. Stop melakukan pijat atau urut ya. Lakukan tindakan yang benar dan selalu ikuti pelatihan medis #alifesaver Class.

(end)

 

 

Menu
X
X

Send this to a friend