fbpx

GIGITAN ULAR, PENYEBAB GEJALA DAN TINDAKAN

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. GIGITAN ULAR, PENYEBAB GEJALA DAN TINDAKAN

Di dunia ini terdapat retusan spesies ular tapi hanya sedikit saja yang berbisa. Meskipun demikian keberadaan ular di dekat kita akan membuat panik dan keget. Tentunya sangat sulit bagi kita untuk mengidentifikasi ular tersebut berbisa atau tidak. Maka dari itu kita perlu mengetahui bahaya yang ditimbulkan oleh ular, gejala akibat gigitan ular dan penanganan yang tepat.

Berbeda jenis ular berbeda pula racun yang dimilikinya, gejala yang ditimbulkanpun berbeda. Sehingga penting bagi kita untuk mengetahui variasi gigitan agar dapat menangani sesuai dengan spesiesnya. Gigitan ular digolongkan berdasarkan racun yang disuntikannya, ada racun Sitotoksik, Haemotoxic dan Neurotoksik.

Pertolongan yang tidak tepat menyebabkan sesuatu yang fatal terjadi. Seperti yang terjadi pada racun Sitotoksik yang mempu menyebabkan kematian sel dan jaringan, menyebabkan pembengkakan yang progresif, namun racun menginfeksi cukup lambat, maka tindakan yang dapat diambil adalah melumpuhkan namun tidak membatasi aliran darah. Racun ni disebabkan oleh spesies Adders dan Vipers.

Gigitan ular umumnya menyebabkan mual dan pusing, bahkan diantaranya menyebabkan kebingungan, cadel serta kesulitan bernapas seperti pada racun Neurotoxic yang menyerang syaraf dan jarigannya. Racun jenis ini biasanya ada pada spesies Mamba dan Kobra. Beberapa kasus gigitan ular dengan racun jenis ini bahkan tidak menimbulkan memar maupun bengkak. Namun umumnya terdapat dua luka tususkan ditempat gigitan. Maka tindakan yang dapat dilakukan adalah membatasi aliran darah antara gigitan dan jantung.

Racun dengan gigitan yang menyebabkan pendarahan adalah racun Haemotoxic yang disebabkan gigitan dari spesies Boomslangs dan Vine. Gigitan tidak terasa menyakitkan namun apabila dibiarkan pendarahannya akan menjadi semakin parah. Tindakan yang dapat dilakukan adalah membatasi aliran darah dan limfatik, hal penting lainnya adalah untuk tidak menyebabkan memar selama proses penghentian pendarahan. Karena memar dapat menyebabkan pendarahan di bagian bawah kulit.

Apa yang harus dilakukan? Kenali lingkungan anda secara lebih baik, perhatikan apakah terdapat sarang ular di sana. Selain itu jangan lupa hubungi petugas medis dan miliki pengetahuan menghadapi gigitan ular yaaaa…!!!!

#everyoneisalifesaver

Menu
X
X
Send this to a friend