fbpx

Gelar Simulasi Bencana, DMII-Paragon Wujudkan Masyarakat Mandiri Hadapi Bencana

  1. Beranda
  2. Berita
  3. Gelar Simulasi Bencana, DMII-Paragon Wujudkan Masyarakat Mandiri Hadapi Bencana

dmii.or.id Gelar Simulasi Bencana, DMII-Paragon Wujudkan Masyarakat Mandiri Hadapi Bencana | Demi mewujudkan masyarakat siaga bencana, DMII bersama PT Paragon Technology atau yang biasa dikenal dengan Wardah menggelar Simulasi Pelatihan Kelompok Siaga Bencana di Danau Kampung Bintaro, Jakarta Selatan.

Gelar Simulasi Bencana, DMII-Paragon Wujudkan Masyarakat Mandiri Hadapi Bencana

Simulasi tersebut diikuti oleh dua kelompok siaga bencana dari dua kelurahan yaitu, Kelurahan Ulujami dan Kelurahan Cipulir. Pelatihan Simulasi ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang telah dilaksanakan mulai dua pekan lalu. Pada tanggal 15-16 Agustus di Kelurahan Ulujami dan 22-23 Agustus di Kelurahan Cipulir. Pelatihan ini dipandu oleh Dinas Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta dan Instruktur ahli DMII-ACT.

Simulasi dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan pembekalan materi dan praktek yang cukup padat. Antara lain materi tersebut adalah penanganan kebakaran (fire fighting), mulai dari aksi pertama yang harus dilakukan hingga selesai  Dinas Kebakaran memadamkan api. Pada materi ini, peserta diberikan edukasi cara mencegah dan menangani kebakaran di dapur.

Kemudian ada materi penyelamatan korban didalam air (water rescue). Pada materi ini mensimulasikan dengan persiapan agar tidak terjadi banjir ketika hujan deras. Kemudian tetap terjadi banjir dan belajar menolong warga yang masih terjebak di dalam rumah. Peserta juga belajar mendayung perahu karet dan belajar menyelamatkan warga di dalam air.

Selanjutnya materi pertolongan pertama (Pre Hospital Life Saver), kini peserta menjadi tim kesehatan, memahami apa yang dibutuhkan pada penyintas dan penyakit yang biasa terjadi saat bencana tersebut datang.

Terakhir adalah materi keposkoan. Pada materi ini peserta belajar mengatur dan mendata apa yang dibutuhkan dan siapa saja yang tinggal. Berlatih seakan tinggal di posko pengungsian agar warga memahami dan cepat tanggap ketika bencana terjadi. Warga mengikuti praktek pada setiap materi yang diberikan oleh instruktur.

Dimulai dengan bunyi sirine sebagai tanda bahaya bahwa genangan air sudah mulai meninggi dan  terdengar teriakan warga bahwa ada korban yang tenggelam. Dengan cepat tim water rescue mulai beraksi menyelamatkan korban yang tenggelam dengan teknik yang sudah diajarkan instruktur. Kemudian korban tersebut dibawa ke posko medis dan ditangani oleh tim medis. Selanjutnya terdengar bunyi sirine mobil DAMKAR dan teriakan minta tolong bahwa rumahnya sudah habis dilalap si jago  merah. Tim Fire Fighting dengan tanggap beraksi melaksanakan tugasnya.

Tak hanya mengadakan simulasi sebagai sarana pelatihan tanggap darurat bencana, DMII bersama PT Paragon Technology juga memberikan fasilitas yang memadai untuk mengatasi bencana seperti satu set perahu karet dan 1 APAR. Perlengkapan tersebut diberikan ketika apel penutupan setelah selesai simulasi. Sekaligus pengukuhan Tim KSB oleh Camat Pesanggrahan di dua kelurahan tersebut. Tentunya apel penutupan dan simulasi tersebut tetap melaksanakan jaga jarak dan protokol kesehatan.

Suranto, Ketua Kelompok Siaga Bencana Ulujami mengatakan “Bersyukur sekali ada DMII dari ACT kesini (Kelurahan Ulujami) mengadakan pelatihan dan prakteknya langsung. Bapak-bapak warga sini jadi punya pembekalan ilmu jika ada bencana nanti. Programnya sangat bermanfaat dan membantu, terima kasih banyak ACT.” Ucap Suranto.

Selanjutnya pelatihan dan simulasi tersebut akan diselenggarakan di kelurahan Petukangan Utara dan Kebayaoran Lama Utara, Jakarta Selatan.

Harapannya program Pembentukan Kelompok Siaga Bencana dapat konsisten terlaksana di berbagai daerah di seluruh Indonesia, khususnya daerah potensi bencana. Tujuannya agar masyarakat dapat mandiri, mencegah dan mengurangi risiko bencana everyone’s a life saver. (Ripang)

Menu
X
X

Send this to a friend