fbpx

BERENANG DAPAT MENULARKAN COVID-19, BENARKAH?

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. BERENANG DAPAT MENULARKAN COVID-19, BENARKAH?

dmii.or.id – BERENANG DAPAT MENULARKAN COVID-19, BENARKAH? | Sudah kurang lebih 3 bulan masyarakat berada di rumah dengan didukung oleh ditutupnya tempat umum. Namun, memasuki masa New Normal, perlahan masyarakat bisa kembali beraktivitas di luar dan tempat umum kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Banyak masyarakat yang mulai melakukan aktivitas salah satunya olahraga.

BERENANG DAPAT MENULARKAN COVID-19, BENARKAH?

Berenang merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat. Terutama mamasuki musim panas, ini adalah kegiatan favorite bagi sebagian orang, terutama anak-anak. Selain  untuk menjaga kesehatan, berenang juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Namun dikondisi pandemi seperti sekarang, banyak yang khawatir dan bertanya-tanya, apakah virus ini bisa menular di kolam renang??? Apakah aman jika kita ingin berenang di tempat umum???🤔

Simak tips dan penjelasan berikut yaa!!

Covid-19 bukan water borne disease. Kandungan klorin yang ada di dalam kolam renang akan mematikan virus. Meski demikian, kemungkinan penularan tetap ada lho dari kerumunan pengunjung yang datang ke pantai/kolam renang. Risiko penularan terjadi dari droplets atau air liur pengunjung yang ada di kolam renang, jadi bukan dari aktivitas berenangnya yaa.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih untuk memastikan keselamatan sebelum melakukan aktivitas berenang. Jangan lupa untuk tetap menjaga jarak antar pengunjung agar meminimalisir terkena droplets dari pengunjung lain. Jaga kesehatan dengan makan yang cukup dan makan makanan bergizi dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa meminimalisir terjadinya penularan. Selain itu, selalu menerapkan PHBS juga ya di area kolam renang seperti cuci tangan ketika habis memegang permukaan benda apapun, sebelum menyentuh wajah kalian. Jangan lupa untuk selalu pakai masker jika hendak pergi ke tempat umum sehingga dapat melindungi kita selama di perjalanan.

Meskipun kita telah transisi menuju tatanan kehidupan normal baru, tapi seperti yang kita tahu bahwa pandemi ini belum berakhir. Masih banyak yang belum kita tahu tentang virus ini dan himbauan tentang kesehatan pun akan cepat berubah. Jadiii, #dirumahaja dan hindari tempat yang ada kerumunan orang jika tidak mendesak yaaa sobat DMII!

Menu
X
X

Send this to a friend