fbpx

Berbukalah dengan yang Manis, Kenapa Harus Gitu?

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. Berbukalah dengan yang Manis, Kenapa Harus Gitu?

Berbukalah dengan yang Manis, Kenapa Harus Gitu?

dmii.or.id | Waktu berbuka puasa adalah yang paling ditunggu-tunggu selama bulan suci Ramadhan ini. Banyak orang yang mencari ide setiap harinya untuk menentukan makanan dan minuman apa yang akan mereka konsumsi untuk berbuka puasa. Banyak pula produk makanan dan minuman yang berlomba-lomba membuat iklan yang menggiurkan. Namun, ada satu slogan atau anjuran yang mungkin telah tertanam dibenak banyak orang nih.

Berbukalah Dengan yang Manis

Kamu pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah tersebut?

Kita sering melihatnya di iklan televisi ataupun di poster beberapa produk makanan dan minuman yang menjadikan kalimat tersebut sebagai tagline produknya, yang biasanya ditayangkan selama bulan suci Ramadhan. Tak jarang juga orang-orang yang telah mempercayai ataupun membantah istilah tersebut.

Ternyata, kalimat tersebut bukan sekedar iming-iming iklan lho. Ada hal-hal yang bisa kita cermati mengenai anjuran tersebut.

Kenapa harus berbuka dengan yang manis?
Karena ketika menjalankan ibadah puasa selama ±14 jam, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan makanan. Sehingga mengakibatkan kadar gula dalam darah menurun, dan beresiko membuat tubuh kekurangan sumber energi (lemas). Seperti yang kita ketahui, sumber energi pada manusia dihasilkan dari asupan karbohidrat yang diubah menjadi gula oleh insulin. Jadi, berbuka puasa dengan makanan atau minuman manis dapat menyeimbangkan kembali kadar insulin, sehingga produksi energi bisa kembali berjalan.

Tapi, perlu diingat!
Untuk mengkonsumsi makanan dan minuman manis tetap ada batasannya. Penting diketahui bahwa kebutuhannya HANYA 5% dari total asupan kalori yang dibutuhkan tubuh. Kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman manis berlebihan, karena justru bisa menurunkan gula darah setelah makan. Akibatnya setelah berbuka puasa kita akan merasa lemas dan ngantuk.

Sebaiknya kita memilih makanan atau minuman manis dan juga memperhatikan porsinya. Tidak lupa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan bernutrisi tinggi agar kebutuhan tubuh kita dapat terpenuhi dengan baik. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan mengontrol kandungan makanan dan minuman yang kita konsumsi selama puasa ini.

Jadi, berbuka dengan yang manis itu perlu, namun jangan sampai berlebihan ya.
Selamat berbuka puasa! 😊

Menu
X
X

Send this to a friend