fbpx

Bentuk Kelompok Siaga Bencana Ibarat Sedia Payung Sebelum Hujan

  1. Beranda
  2. Berita
  3. Bentuk Kelompok Siaga Bencana Ibarat Sedia Payung Sebelum Hujan

dmii.or.id – Bentuk Kelompok Siaga Bencana Ibarat Sedia Payung Sebelum Hujan | Program Kelompok Siaga Bencana kolaborasi antara DMII-ACT dan  PT. Paragon Technology and Innovation  berlanjut. Pelatihan kali ini, dilaksanakan di Kantor Kelurahan Cipulir pada 22-23 Agustus 2020 yang dihadiri perwakilan dari PPSU, FKDM, TANAGA, TIM SIBAT, Perwakilan Pemuda, dan Perwakilan Warga setempat.

Bentuk Kelompok Siaga Bencana Ibarat Sedia Payung Sebelum Hujan

Pelatihan Kelompok Siaga Bencana (KSB) adalah ini terdiri dari masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana. Dimana anggota kelompok diberi pelatihan khusus agar sadar dan tanggap terhadap bencana. Diharapkan masyarakat yang berada di wilayah tersebut menjadi masyarakat yang tangguh dan mandiri serta dapat mengurangi risiko bencana di wilayahnya.

Bapak Novi selaku Direksi PT. Paragon Technology and Innovation mengungkapkan ” Tujuan kami adalah membantu lingkungan agar tetap siaga, Hal ini saya ibaratkan seperti sedia payung sebelum hujan, karena wilayah Cipulir memang sangat rawan terkena banjir,” Ujarnya saat memberi sambutan pelatihan

“Wilayah Cipulir sudah menjadi salah satu titik banjir Jakarta selatan. Sehingga setiap musim penghujan tiba, wilayah ini terendam Banjir akibat luapan kali Pesanggrahan yang terletak di samping pemukiman,” Imbuhnya.

Dalam rangka membekali peserta KSB, DMII memberikan beberapa materi yaitu, Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Total Disaster Management, Eathquake, dan Pre-hospital a life saver. Selain itu materi lain seperti Penyelamatan dalam air, Pemadaman api awal, Keposkoan dan Sistem Peringatan Dini juga diberikan kepada peserta oleh narasumber dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta serta Instruktur ahli DMII-ACT.

Selama acara berlangsung penerapan protokol kesehatan tetap terlaksana dan peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Bahkan beberapa diantara mereka merasa sangat beruntung telah diberikan kesempatan bergabung bersama KSB.

Desak Nyoman adalah salah satu peserta dari TIM SIBAT yang merasa sangat beruntung  “Pelatihan seperti ini sangat berharga untuk saya karena sebelumnya saya tidak tahu apa-apa tentang penanganan sigap bencana. Sekarang saya jadi mengerti dan siap memberikan manfaatnya bagi orang lain, Terima Kasih DMII,” ujarnya.

Rupanya bukan hanya Desak Nyoman, Bapak Lurah Cipulir bersyukur dengan terlaksananya pelatihan KSB ini “ Alhamdilillah, saya sangat bersyukur, semoga dengan adanya pelatihan ini masyarakat dapat merasakan manfaat dan mengerti apa yang harus dilakukan pada saat bencana terjadi.” Beliau juga berpesan agar warganya bertanya apabila belum memahami materi yang disampaikan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

DMII berkomitmen untuk terus membuat kegiatan-kegiatan sedemikian rupa dapat terlaksana di seluruh penjuru negeri. Sehingga semakin banyak terbentuk warga yang memiliki kesiapsiagaan bencana. Maka, Indonesia akan menjadi bangsa yang MERDEKA DARI BENCANA. Everyone’s a life saver. (Ida)

Menu
X
X

Send this to a friend