fbpx

BEKERJA DI LINGKUNGAN K3? JANGAN LAKUKAN 5 HAL INI!

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. BEKERJA DI LINGKUNGAN K3? JANGAN LAKUKAN 5 HAL INI!

Bekerja adalah suatu keharusan yang dilakukan untuk memenuhi segala jenis kebutuhan. Namun, dalam melakukan suatu pekerjaan sebaiknya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) harus menjadi fokus utama.

K3 adalah bidang yang berhubungan dengan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan manusia yang bekerja pada sebuah institusi ataupun lokasi proyek. Sehingga K3 menjamin kondisi kerja yang aman, tehindar dari gangguan baik fisik maupun mental melalui pembinaan dan pelatihan.

Hasil gambar untuk K3"

Berdasarkan UU No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan kerja, tujuan K3 adalah mencegah terjadinya kecelakaan dan sakit dikarenakan pekerjaan. K3 juga menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi produktivitas pekerja.

Meskipun setiap perusahaan memiliki resiko kecelakaan yang berbeda, biasanya faktor utama kecelakaan disebabkan oleh Manusia dan Lingkungan. Seperti tidak menggunakan peralatan atau keamanan, tidak mengikuti prosedur, dan lingkungan pekerjaan perusahaan yang memiliki risiko kecelakaan tinggi.

Hasil gambar untuk K3"

Apabila anda bekerja di lingkungan K3 maka anda tidak boleh melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Terbiasa Berasumsi atau Mengira-Ngira

Setiap pekerjaan selalu memiliki aturan dan prosedur dalam melaksanakannya. Ikutilah prosedur dan aturan yang ada sehingga anda tidak melakukan asumsi atau mengira-ngira suatu pekerjaan.

  1. Tidak Melaporkan Kecelakaan Kerja Kepada Atasan

Setiap kecelakaan atau yang berpotensi kecelakaan kerja sebaiknya langsung dilaporkan kepada atasan anda. Sehingga investigasi dan perbaikan dapat dilakukan dengan segera.

  1. Salah dan / Keliru dalam Menggunakan Peralatan Kerja

Peralatan kerja yang beragam dimaksudkan untuk mempermudah suatu pekerjaan. Pastikan seluruh pekerja sudah mendapatkan pelatihan dan arahan cara penggunaan peralatan kerja yang sesuai.

  1. Tidak Menggunakan APD (Alat Pelindung Diri)

APD harus melekat pada pekerja terlebih yang memiliki risiko kecelakaan tinggi. Pihak perusahaan sebaiknya menyediakan APD yang nyaman dan cocok untuk pekerja, serta memberikan sosialisasi tentang penggunaan APD.

  1. Terburu-buru dalam Menyelesaikan Suatu Pekerjaan

Lakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur. Jika memang pekerjaan anda dituntut untuk segera selesai, anda tetap saja tidak boleh mengabaikan faktor keselamatan dan keamanan.

Itulah lima poin yang harus menjadi perhatian bagi para pekerja. Ingat K3 adalah bagian dari pekerja dan pekerja adalah K3. Jangan lupa untuk selalu upgrade skill dan pengetahuan mengenai penanganan kondisi darurat dengan mengikuti #Alifesaver Class.

(end)

 

 

Menu
X
X

Send this to a friend