fbpx

#alifesaver Class, Langkah Awal untuk Menjadi Penyelamat

  1. Beranda
  2. Berita
  3. #alifesaver Class, Langkah Awal untuk Menjadi Penyelamat

Jakarta, dmii.or.id | Menyambut awal tahun, pelatihan medis #Alifesaver Class kembali diadakan serentak di enam (6) kota, pada Sabtu (1/2/2020). Jakarta, Bogor, Bandung, Bekasi, Yogyakarta dan Denpasar menjadi kota yang dipilih untuk penyelenggaraan event rutin bulanan ini.

“Menjadi Penyelamat, Bukan Menjadi Penonton” merupakan fokus utama pelatihan ini, meskipun materi yang disampaikan berbeda untuk setiap kota. Jakarta misalnya, mengangkat materi Basic Life Support. Berbeda dengan Bandung dan Bekasi yang mengupas Cedera di Rumah Tangga. Sama halnya dengan kota Bogor dan Yogyakarta menyajikan materi serupa yaitu, Pertolongan Pertama di Alam (Outdoor First Aid). Materi Perdarahan dan Luka merupakan materi yang disampaikan di kota Denpasar.

Apa yang disampaikan dalam pelatihan, selain untuk memperkaya pengetahuan dan kemampuan dalam mengangani keadaan darurat, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap kondisi tersebut.

Keadaan darurat membutuhkan tindakan pertolongan pertama. Menurut Bapak Kurniawan “ Keadaan darurat bisa terjadi dimana saja, seperti seseorang pingsan di rumah/jalan, patah tulang saat terjatuh di tempat umum, atau tersedak saat menelan sesuatu” ujar pemateri #alifesaver Class chapter Jakarta, yang disampaikan di Warunk Upnormal Taman Puring tersebut.

“Pada keadaan darurat, penyelamat perlu melakukan cek terhadap korban. Meskipun perdarahan terjadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan nafas dan denyut nadi. Setelah itu barulah mulai mengontrol perdarahan sambil terus memantau korban” imbuhnya seraya menunjukan proses penangan untuk keadaan serupa.

Tentunya dalam setiap kondisi darurat dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat sebelum petugas medis datang. Pelatihan #Alifesaver Class ini memberikan materi dan arahan yang tepat untuk menangani kasus dalam keadaan tak terduga.

Bagi para peserta pelatihan, mengikuti agenda #Alifesaver Class memiliki makna tersendiri. Seperti yang diungkapkan Patricia, “Menikmati weekend untuk menambah kemampuan dan pengetahuan baru sangat menyenangkan, saya bahagia dapat mengikuti pelatihan ini” ujarnya.

Lain halnya menurut Annisa, dia merasa dapat menolong keluarganya sewaktu-waktu saat mereka terluka “Saya mengikuti pelatihan ini agar saya dapat menjadi penyelamat, khusunya untuk keluarga saya”.

Siapapun anda sejatinya adalah penyelamat, #Alifesaver Class dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda memiliki kemampuan tersebut. Dasar-dasar penyelamatan dan praktek yang interaktif memungkinkan bagi anda memahami dan menguasainya sekalipun anda tidak memiliki latar belakang medis.

Jadi pastikan untuk pelatihan berikutnya, anda sudah duduk dan berlatih bersama kami. Agar tidak ketinggalan infromasi, silahkan kunjungi media sosial kami untuk informasi terbarunya! 😉

Menu
X
X
Send this to a friend