fbpx

7 Model Rumah Tahan Gempa di Indonesia Bag. 2

  1. Beranda
  2. Uncategorized
  3. 7 Model Rumah Tahan Gempa di Indonesia Bag. 2

Baca selengkapnya 7 Model Rumah Tahan Gempa di Indonesia bagian 1 klik disini

4. Risha (Rumah Instan Sederhana Sehat)

Gambar : http://eproduklitbang.pu.go.id/

Produk besutan LITBANG PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) ini telah dibangun di lebih dari 60 wilayah di Indonesia dengan jumlah ratusan ribu unit dan diperuntukan bagi warga menengah ke bawah. Dalam waktu 24 jam, pembangunan modul RISHA dapat diselesaikan dengan bantuan 3 pekerja. Hebat banget, ya? Uniknya, karena dibangun dengan konsep Knock Down bangunan ini tidak membutuhkan semen dan bata. Ini dia yang jadi kelebihan RISHA. Layaknya permainan Lego, RISHA juga bisa dibongkar pasang, lho!

5. Rika (Rumah Instan Kayu)

Gambar : litbang.pu.go.id

Seperti Namanya, RIKA menggunakan kayu sebagai bahan dasar bangunan. Dengan teknologi Laminated Veneer Lumber (LVL), kayu kelas rendah cepat tumbuh bisa setara dengan kayu kelas 3 dan dapat digunakan sebagai sistem struktur RIKA. Seperti halnya RISHA, RIKA juga movable.

6. Ruspin (Rumah Unggul Sistem Panel)

Gambar : puskim.pu.go.id

RUSPIN adalah anak bontot dari 3 bersaudara RISHA, RIKA dan RUSPIN. Keunggulan RUSPIN yang tak dimiliki RISHA dan RIKA adalah teknologi baru yang memudahkan pengaplikasian rumah. Ukuran efisiennya dapat dirakit menjadi beberapa modul yang berbeda. Desain dengan sistem modular ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan penghuni, misalnya yang tadinya cuma punya satu lantai, bisa di-upgrade sampai 2 lantai. Mengenai durasi pembangunan, dibutuhkan 4 hari untuk membangun per-lantai bangunan sampai dengan finishing.

7. Rumah Conwood

Gambar : housingestate.id

Berangkat dari keterbatasan suplai bahan bangunan, tercetuslah ide untuk merancang bentuk rumah bebas kayu ini. Rumah Conwood dapat dibangun dalam waktu 7 hari oleh 7 orang pekerja. Rumah ini juga diklaim tidak mudah roboh dan fleksibel terhadap guncangan. Materialnya yang ringan tidak akan membahayakan kalaupun rumah ini ambruk. Menurut informasi dari official website PT Conwood, ternyata RUSPIN juga turut mendukung program pemerintah dalam membangun satu juta rumah tanpa harus mengorbankan lima juta pohon dari hutan Indonesia.

Nah itu dia sekilas perkenalan dari Rumah Tahan Gempa. Jadi, sekarang kita tahu kan, bahwa yang membuat gempa bahaya adalah reruntuhan bangunan yang tidak tahan gempa, bukan gempanya itu sendiri. Maka dari itu, yuk kita implementasikan info ini dengan merencanakan pembangunan sedetail mungkin sebelum memutuskan untuk membangun rumah. Apalagi kalau kamu tinggal di daerah rawan gempa. Kesadaran kita atas pentingnya Rumah Tahan Gempa pun harus kita tularkan supaya budaya sadar bencana bisa kita lestarikan. Dan juga ketika gempa terjadi, proses evakuasi korban dapat dilaksanakan dengan mudah, karena bangunannya aman. (Zheo)

Sumber :
Litbang.pu.go.id, Barrataga.com, Hipwee.com, Conwood.co.id, Tempo.co

Menu
X
X
Send this to a friend