fbpx

7 Model Rumah Tahan Gempa di Indonesia Bag. 1

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. 7 Model Rumah Tahan Gempa di Indonesia Bag. 1

Dalam mengurangi risiko bencana, ada istilah mitigasi struktural. Mitigasi struktural adalah sebuah langkah mitigasi bencana berupa penguatan infrastruktur fisik, yang mampu mengurangi risiko/dampak dari sebuah kejadian bencana. Seperti merancang konstruksi bangunan tahan gempa.
Kontruksi rumah tahan gempa sangat penting dalam mengurangi risiko gempa bumi. Buan Anshari, S.T., M. Sc. (Eng)., Ph. D, Peneliti PUI Geomagnetik Universitas Mataram, dalam webinar Konsep dan Aplikasi Kontruksi Bangunan Tahan Gempa menyampaikan bahwa tidak semua gempa bisa mengakibatkan bencana, namun rumah yang tidak tahan gempalah yang membahayakan, karena reruntuhan bangunan bisa menelan korban jiwa.
Berikut gambaran konstruksi RTG (Rumah Tahan Gempa) yang direkomendasikan BNPB:

1. Growing House

Gambar : brilio.net

Selain tahan gempa, desain rumah gagasan Mahasiswa UGM yang diwakilkan oleh Ardhyasa Fabrian Gusma, Galih Adityas, Eko Cahyo Saputro, Hafizha Muslim Primaramadhan dan Nabila Afif serta dosen pendamping Ikaputra Ir.,M.Eng.,Ph.D.
Desain ini memenangkan lomba desain perumahan ‘Kumamoto Artpolis’ di Jepang. Kelebihan lainnya, rumah ini juga dirancang sebagai rumah yang dapat mengantisipasi banjir. Wow! Indonesia patut berbangga dengan karya anak bangsa yang sangat menginspirasi ini. Dengan Growing House, para penghuni rumah dapat beraktivitas di dalam rumah dengan desain bangunan yang saling berhubungan tanpa menggantikan fungsi utamanya.

2. Rumah Dome

Gambar : tribunnewswiki.com

Rumah Dome atau disebut juga rumah Teletubbies ini terletak di New Nglepen Yogjakarta. Layaknya rumah Teletubbies, rumah ini berbentuk setengah lingkaran bola bumi warna warni. Kompleks ini dibangun pada 2007 oleh donatur nirlaba asal AS dan donatur perseorangan dari Arab Saudi pasca kejadian gempa bumi Yogjakarta tahun 2006 lalu. Hunian unik yang dihuni 71 keluarga ini akhirnya menjadi desa wisata sejak tahun 2009. Rumah ini dirancang memiliki dua lantai dengan luas 38 meter persegi. Jika kamu berkunjung ke Yogja, jangan lupa mampir, ya!

3. Barrataga (Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa)

Gambar : Barrataga.com

Konsep Barrataga mulai dikembangkan oleh Prof. Sarwidi sejak tahun 2000. Inovasi ini lahir dari kepedulian atas rumah rakyat menengah ke bawah yang selalu terkena dampak terparah setiap terjadi gempa. Dengan Barrataga, Prof. Sarwidi berusaha menghadirkan solusi dalam pembangunan RTG dengan mutu bangunan yang lebih baik, nyaman dihuni, indah dipandang dan dapat dikerjakan dalam waktu lebih cepat dengan biaya lebih hemat. (Zheo)

Baca selengkapnya 7 Rumah Tahan Gempa di Indonesia Bagian 2 klik disini

Menu
X
X

Send this to a friend