fbpx

7 KOTA DI INDONESIA YANG TERANCAM GEMPA BUMI

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. 7 KOTA DI INDONESIA YANG TERANCAM GEMPA BUMI

dmii.or.id – 7 KOTA DI INDONESIA YANG TERANCAM GEMPA BUMI | Gempa bumi merupakan bencana alam yang cukup sering terjadi di Indonesia. Bencana ini masih selalu mengejutkan warga karena peristiwanya yang datang tiba-tiba. Seperti halnya kejadian di Kota Palu akibat gempa dahsyat yang membuat kita merinding melihat beritanya. Ribuan korban jiwa dan bangunan runtuh, bahkan tanah berubah menjadi lumpur.

7 KOTA DI INDONESIA YANG TERANCAM GEMPA BUMI

Sebenarnya, korban jiwa bisa diminimalisir jika sudah ada kesiapan dari masyarakat ketika sewaktu-waktu terjadi bencana. Untuk itu kalian harus tau nih, kota-kota apa saja sih yang terancam gempa di masa depan?

📌Pesisir Barat Sumatera – Sesar Sumatera

Gempa terakhir terjadi pada tahun 2009 yang  menerjang wilayah Sumatera dengan kekuatan 7,6 Skala Richter. Gempa tersebut meluluhlantakan Padang dan sekitarnya. Padang dan daerah di sekitar pesisir barat Sumatera terletak di kawasan bertemunya dua lempeng Eurasia dan Indo Australia.

📌Bengkulu – Sesar Mentawai

Bengkulu telah beberapa kali diguncang gempa, yakni pada tahun 1883, 2000, 2007 dan 2016. Hal tersebut terjadi karena Bengkulu memiliki kawasan berpotensi gempa dari Sesar Mentawai yang terletak sangat dekat dengan Bengkulu, yaitu sekitar 100-200 km sebelah barat pantai Sumatera.

📌Jakarta – Sesar Baribis

Tahukah kamu Ibu Kota Indonesia terletak di kawasan jalur gempa?? Ternyata telah ditemukan sesar aktif yang mungkin akan menimbulkan gempa berkekuatan 7 Skala Ritcher yang bisa melululantahkan Jakarta di masa depan. Sesar aktif ini kepanjangan dari Sesar Baribis, melintang sekitar 25 km di selatan Jakarta. Sesar Baribis ini melintang dari Purwakarta, Cibatu (Bekasi), Tangerang dan Rangkasbitung yang apabila ditarik lurus akan melewati beberapa kecamatan di Jakarta seperti Cipayung, Ciracas, Pasar Rebo dan Jagakarsa.

📌Bandung – Sesar Lembang

Gempa telah beberapa kali mengguncang sesar Lembang. Meskipun selama ini kekuatan gempa yang terjadi tidak begitu besar, namun sesar Lembang diprediksi berpotensi gempa 6,8 Skala Richter. Sesar Lembang merupakan salah satu yang paling ditakuti akan menjadi sumber gempa dengan posisinya yang membelah Bandung. Sesar ini memanjang 29 km dan berada pada 8 km utara kota Bandung.
📌Yogyakarta – Sesar Opak

Tercatat ada 5 gempa besar yang pernah menerjang Yogyakarta, yakni pada tahun 1867, 1937, 1943, 1981 dan 2006. Gempa yang memorakporandakan kota Yogyakarta yaitu pada tahun 2006. Yogyakarta pun tercatat sebagai kawasan yang tidak bisa dipisahkan dengan gempa.
📌Ambon Zona – Subduksi Seram

Pada tahun 1674, Ambon dan sekitarnya diguncang gempa dan disapu gelombang tsunami setinggi 80 meter dari Laut Banda. Ambon secara tektonik memang rawan gempa karena Ambon dan Pulau Seram diapit oleh 2 sumber gempa. Wilayah utara Ambon didesak oleh Zona Subduksi Seram yang aktif. Dari struktur sesar dikenal dengan istilah South Seram Thrust.

📌Sulawesi Utara – Sesar Palu Koro

Gempa dan tsunami dahsyat pernah menerjang Manado pada tahun 1837. Kawasan Sulawesi Utara dan Halmahera sebelah Timur ini merupakan daerah rawan gempa dan tsunami. Mengacu pada peta kawasan rawan gempa, Sulawesi dan Halmahera sering mengalami gempa dangkal.

Nah itu dia kota yang perlu diwaspadai karena adanya potensi gempa di masa depan. Tentunya kita harus bisa menghadapi dengan persiapan yang baik. Semoga seluruh masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaannya di kawasan-kawasan rawan gempa. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan upaya mitigasi dan evakuasi mandiri harus dikuasai sejak dini yaaa! 😉

Menu
X
X
Send this to a friend