fbpx

5 Hal Yang Akan Terjadi, Jika Ada Gempa Bumi saat Wabah Pandemi

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. 5 Hal Yang Akan Terjadi, Jika Ada Gempa Bumi saat Wabah Pandemi

dmii.or.id – 5 Hal Yang Akan Terjadi, Jika Ada Gempa Bumi saat Wabah Pandemi | Sobat DMII, saat pandemi kita semua melakukan pembatasan sosial. Diberlakukannya peraturan itu, untuk menurunkan penularan wabah panemi. Nah, Sobat DMII kebayangkan kalau terjadi gempa disaat Pandemi. Namun, semoga tidak terjadi, walaupun kita tetap harus mempersiapkan diri, dikarenakan bencana gempa bumi belum bisa diprediksi.

5 Hal Yang Akan Terjadi, Jika Ada Gempa Bumi saat Wabah Pandemi

Seperti di Kroasia bulan Maret lalu, saat itu terjadi gempa bumi hebat yang berkekuatan magnitudo 5,3 ini. Gempa ini yang terbesar dalam 140 tahun.

Di satu sisi, warga harus mengungsi di tempat terbuka, seperti taman, lapangan umum dan lainnya. Namun, di lain sisi harus menjaga jarak, guna mengurangi penularan wabah virus. Nah, jadi sulit banget kan sobat DMII, kita harus mengungsi dan berkumpul tetapi tetap jaga jarak aman. Nah, hal  apa aja sih yang akan terjadi jika ada gempa disaat pandemi, kita simak dulu yuk Sobat DMII;

  1. Sulitnya menyelamatkan diri dan mengevakuasi

Dikarenakan kita harus tetap menjaga jarak satu sama lain, bisa diambil pelajaran dari cerita kejadian gempa Kroasia, yang membuat orang mengambil salah satu pilhan untuk menyelamatkan dirinya dari bangunan runtuh serta bahaya virus.

Menyelamatkan diri serta mencari tempat evakuasi cukup sulit, apalagi ketika turut ikut mengevakuasi orang lain. Oleh karena itu, harus ada yang dipriotaskan saat dalam mengevakuasi dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

  1. Lokasi titik kumpul akan penuh sesak

Dalam mengevakuasi diri, pastinya kita akan menuju titik kumpul, namun dipastikan titik kumpul akan penuh sesak, yang dimana semua orang panik serta tidak menjagajaga jarak dan akan ada ancaman baru, risiko terpapar virus.

  1. Dilema Rumah Sakit

Rumah sakit yang akan menjadi tempat yang paling sibuk apabila terdapat banyak korban. Dan tentunya, akan banyak varian pasien, dari yang terpapar virus, korban dampak gempa, dan sakit lainnya.  Dimana proses perawatan menjadi dilematis, antara pasien akan dibawa keluar dari gedung rumah sakit atau tetap bertahan di dalam gedung yang tentunya dengan risiko gempa susulan.

sumber : pojoksatu.id

  1. Tempat Pengungsian atau Posko

Posko Pengungsian akan tidak mudah dalam menerapkan protokol kesehatan. Salah satu permasalahannya ialah apabila terbatasnya jumlah tenda-tenda pengungsian, dikarenakan  terbatas maka akan over capacity yang mengakibatkan akan terjadinya penumpukan dan tidak adanya jaga jarak.

  1. Sektor Lini Kehidupan

Sektor kesehatan, pangan dan sosial akan terganggu. Sektor kesehatan yang terkena dampak signifikan, banyaknya pasien akan mempengaruhi daya tampung rumah sakit, dan juga kebutuhan banyak SDM tenaga kesehatan. Kemudian pangan, kebutuhan pangan akan akan melonjak, dan terjadi ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi. Dan krisis sosial, pandemi covid 19 berdampak PHK besar-besaran yang mengakibatkan kehilangan pekerjaan dan hal tersebut berpotensi terjadinya aksi kriminal dan kejahatan.

Nah, jadi itu ya sobat DMII apabila terjadi gempa pada saat wabah pandemi. Semoga kita semua terhindar dari bahaya dengan cara meningkatkan kapasitas diri kita, dan ingat everyone’s a life saver. (Mumuh)

Menu
X
X

Send this to a friend