fbpx

“Golden Time” yang dimiliki Penderita Serangan Jantung

  1. Beranda
  2. Did You Know?
  3. “Golden Time” yang dimiliki Penderita Serangan Jantung

dmii.or.id – “Golden Time” yang dimiliki Penderita Serangan Jantung | Serangan jantung seringkali disebut “silent killer disease” dan menjadi momok menakutkan. Hal ini karena mayoritas penderita biasanya masih terlihat sehat dan masih beraktivitas normal. Yang sering terjadi biasanya penderita tiba-tiba mengalami serangan jantung akut ataupun kematian mendadak.

2 MENIT!! “GOLDEN TIME” YANG DIMILIKI PENDERITA SERANGAN JANTUNG

Dalam kondisi darurat bagi penderita serangan jantung, orang terdekatlah yang bisa diharapkan sebagai penyelamat utama. Hal tersebut karena kesempatan penyelamatannya pun hanya sebentar. Maka dari itu, sangat penting bagi tiap orang untuk mengenali gejala penyakit jantung terutama jika memiliki faktor risiko. Penanganan serangan jantung yang terlambat juga dapat menimbulkan dampak serius terhadap organ lain, misalnya paru-paru. Darah yang seharusnya dipompa ke seluruh tubuh pun menumpuk di paru-paru. Hal itu akan menyebabkan perembesan air ke dalam paru-paru dan menimbulkan sesak napas yang hebat, bahkan gagal napas.

Perlu juga pemahaman mengenai pentingnya masa awal serangan jantung atau yang disebut sebagai “waktu emas” atau golden time. Menurut AHA (American Heart Association), seorang penderita serangan jantung memiliki “waktu emas” 2 menit pasca kejadian. Masa tersebut merupakan jendela waktu untuk memberikan pertolongan kepada penderita serangan jantung. Pertolongan pada “waktu emas” akan menentukan potensi kesembuhan dan perubahan kualitas hidup.

Yuk simak hal-hal yang dapat dilakukan saat “waktu emas”.

  1. Penolong pertama sebaiknya segera melakukan pengenalan dini terhadap korban
  2. Kemudian melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) atau bantuan hidup dasar kurang dari 4 menit
  3. Segera meminta bantuan dan hubungi rumah sakit terdekat

Hal-hal diatas perlu dikuasai oleh banyak orang, mulai anak-anak hingga dewasa. Karena seperti yang kita ketahui, serangan jantung bisa datang tiba-tiba dan dalam kondisi apapun. Selain itu, yang harus dikenali adalah gejala yang muncul tanpa pola yang khas. Pada sebagian orang, gejala yang timbul yaitu tiba-tiba mengalami sesak napas dan bisa diikuti nyeri dada. Ada juga yang mengalami serangan jantung hanya dengan tiba-tiba jatuh pingsan secara mendadak. Untuk itu, kita harus selalu waspada dan lebih memperhatikan kesehatan tubuh, seperti istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan tubuh dengan menjaga pola hidup sehat.

Menu
X
X

Send this to a friend