Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) ACT, kembali berpartispasi aktif di peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Di event tahunan yang kali ini diselenggarakan di Sorong Papua Barat, DMII membuka stan di pameran PRB 2017. Berlokasi di Alun-alun Kabupaten Sorong, pameran PRB selama 3 hari (23-25 Oktober 2017) akan menyapa warga Kabupaten Sorong dan sekitarnya.

Menurut Wahyu Novyan, Manager DMII, terhitung sejak 2015 DMII selalu hadir di event ini. “Bagi DMII khususnya, ini merupakan sebentuk komitmen bersama untuk mengarusutamakan PRB secara nasional. Karena membangun upaya PRB jelas membutuhkan energy besar, dan kebersamaan seluruh stakeholder penanggulangan bencana nasional. Stan kami ada di nomer 23. Alhamdulillah saat pembukaan pameran (23/10) Kepala BNPB pun sempat mampir ke stan kami. Silakan bagi kawan-kawan yang ada di sekitar Sorong boleh merapat. Kami masih buka sampai hari Rabu besok in syaa Allah,”undang Wahyu.

Pada keikutsertaan kali ini, DMII juga menyiapkan sebuah program baru untuk dipaparkan di sesi Ignite Stage di Panggung Utama Pameran, yaitu program Home Safety Home, sebuah program edukasi kesiapsiagaan bencana untuk segmen hunian vertikal.

“Pas banget dengan tema Bulan PRB 2017 yaitu “Home Safe Home”. Kami sejak 2016 lalu mendesain sebuah program bernama Home Safety Home (HSH), yaitu sebuah program edukasi kesiapsiagaan bencana berbasis warga hunian vertikal, seperti apartemen dan rumah susun. Mengingat belakangan ini pertumbuhan hunian vertical di perkotaan meningkat pesat, bisa dipastikan potensi bencana pun ikut naik. Dan program HSH hadir untuk menjawab tantangan tersebut,” papar Wahyu.

Selain pameran, event ini juga dijadikan ajang pengembangan jejaring oleh DMII, baik jejaring pemerintah, dunia usaha, maupun komunitas masyarakat. (why)